Sabtu, 14 Juli 2018

4 Mata Pelajaran Yang Tidak Disukai Siswa



Penyajian metode pembelajaran yang menyenangkan bisa menentukan daya tarik siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkan. Karena siswa dalam setiap kelas tidak bisa menyukai semua mata pelajaran, ada beberapa siswa yang tidak menyukai mata pelajaran tertentu. Berikut adalah bahasan mengenai 4 mata pelajaran yang tidak disukai siswa

Matematika

Mata pelajaran yang identik dengan itung-itungan ini adalah mata pelajaran yang paling banyak tidak disukai siswa di sekolah. Berhitung dengan cepat, menghafalkan rumus, buku yang penuh dengan angka adalah faktor utama yang membuat siswa merasa stres saat menghadapi mata pelajaran ini. Bagi siswa permainan angka lebih sulit dibandingkan dengan mendengarkan cerita dan kisah sejarah yang memang berhubungan dengan kehidupan secara real.

Kimia

Kebanyakan siswa menyebutkan bahwa kimia merupakan mata pelajaran tersulit. Alasannya karena mata pelajaran kimia melibatkan banyak simbol, terutama pada simbol atom maupun bahan kimia lainnya. Kesulitan ini juga dikarenakan pada jenjang sekolah sebelumnya tidak diajarkan hal-hal yang berkaitan dengan kimia.
Kesulitan dalam sisi hafalan yang dikombinasikan dengan berbagai macam rumus yang berhubungan dengan atom juga menjadi penyebab kimia masuk dalam kategori pelajaran yang tidak disukai.

Bahasa Inggris

Salah satu yang berpengaruh adalah kurangnya percaya diri. Banyaknya kosa kata baru dan struktur kalimat yang berbeda dengan bahasa Indonesia, membuat siswa malas dama mengikuti pelajaran ini. Saat menjelaskan guru menggunakan bahasa inggris, siswa tidak mengerti dengan apa yang disampaikan oleh guru tersebut, sehingga pelajaran yang disampaikan tidak dimengerti oleh siswa dan siswa enggan untuk mempelajari bahasa inggris lebih dalam.

Sejarah

Sejarah juga muncul dikalangan para siswa sebagai mata pelajaran yang tidak disukai, karena pembelajaran sejarah Indonesia masih kaku dan membuat sebagian besar siswanya mentok belajar dengan cara menghafal tahun, tempat, dan nama pahlawan tanpa mengerti gambaran besarnya. Cara belajar seperti ini cenderung membuat siswa bosan dan membuat siswa malas.

Dari pembahasan diatas semoga dapat menambah imformasi dan untuk para guru agar dapat menyampaikan pelajaran diatas dengan metode yang lebih baik lagi sehingga siswapun menyenanginya.

0 komentar:

Posting Komentar