Strategi merupakan usaha untuk memperoleh
kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan.
strategi pembelajaran adalah sebuah
perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan yang didesain secara khusus (baik
metode, pemanfaatan berbagai sumber daya) untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu.
Berikut adalah macam macam strategi
pembelajaran beserta bahasannya:
Strategi Ekspositori
Strategi pembelajaran ekspositori adalah
strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara
verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa agar siswa dapat menguasai
materi pelajaran secara optimal.
Strategi pembelajaran ekspositori merupakan
bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada guru karena dalam
strategi ini guru memegang peran yang sangat dominan. Melalui strategi ini guru
menyampaikan materi pembelajaran secara terstruktur dengan harapan materi
pelajaran yang disampaikan itu dapat dikuasai siswa dengan baik. Fokus utama
strategi ini adalah kemampuan akademik siswa.
Contextual teaching learning (CTL)
Pendekatan Kontekstual atau Contextual
Teaching and Learning (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan
antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa.
Pembelajaran kontekstual kegiatan
pembelajaran tidak harus dilakukan di dalam ruang kelas, tapi bisa di
laboratorium, lingkungan, atau tempat-tempat lainnya. Yang mengharuskan guru
kreatif memilih serta mendesain linkungan belajar yang betul-betul berhubungan
dengan kehidupan nyata, baik konteks pribadi, sosial, budaya, ekonomi,
kesehatan, dll.
Strategi Pembelajaran Kooperatif
Strategi pembelajaran kooperatif adalah model
pembelajaran yang menggunakan sistem pengelompokan, yaitu antara empat sampai
enam orang yang mempunyai latar belakang kemampuan akademik, jenis kelamin,
ras, atau suku yang berbeda (heterogen), sistem penilaian dilakukan terhadap
kelompok.
Pembelajaran kooperatif dapat didefinisikan
sebagai sistem kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Siswa bukan hanya belajar
dan menerima apa yang disajikan oleh guru, melainkan bisa juga belajar dari
siswa lainnya, dan sekaligus mempunyai kesempatan untuk membelajarkan siswa
yang lain.
Strategi pembelajaran sangat bervariasi untuk
diterapkan oleh setiap guru. Yang terpenting adalah guru mempunyai strategi
pembelajaran yang tepat, berlandaskan ilmu, dan strategi itu mencapai
kompetensi siswa yang diinginkan.
0 komentar:
Posting Komentar