Pengertian
Pembelajaran kooperatif adalah pendekatan
pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa dan kelompok
tersebut bersifat heterogen serta saling bantu-membantu antara siswa yang satu
dengan siswa yang lain dalam mempelajari materi-materi pelajaran yang diberikan
agar memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang
telah dirumuskan.
dalam model pembelajaran kooperatif ada lima
unsur yaitu: saling ketergantungan positif, tanggung jawab perseorangan, tatap
muka, komunikasi antar anggota, dan evaluasi proses kelompok.
Konsep Dasar Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran
yang secara sadar dan sengaja mengembangkan interaksi yang silih asuh untuk
menghindari ketersinggungan dan kesalahpahaman yang dapat menimbulkan
permusuhan, sebagai latihan hidup di masyarakat.
Dengan pembelajaran kooperatif diharapkan
saling menciptakan interaksi yang asah, asih, asuh sehingga tercipta masyarakat
belajar. Siswa tidak hanya terpaku belajar pada guru, tetapi dengan sesama
siswa juga.
Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif
1. Fase Pertama
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa.
Guru mengklasifikasi maksud pembelajaran
kooperatif. Hal ini penting untuk dilakukan karena siswa harus memahami dengan
jelas prosedur dan aturan dalam pembelajaran.
2. Fase kedua
Menyajukan informasi
Guru menyampaikan informasi, dengan jalan
demonstrasi atau lewat bahan bacaan.
3. Fase ketiga
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok
belajar
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana
caranya membentuk kelompok, guru juga menjelaskan bahwa siswa harus saling
bekerja sama didalam kelompok. Penyelesaian tugas kelompok merupakan tujuan
kelompok. Pada fase ketiga ini terpenting jangan sampai ada anggota yang hanya
menggantungkan tugas kelompok kepada individu lainnya.
4. Fase keempat
Membimbing kelompok
Guru perlu mendampingi tim-tim belajar, pada
fase ini bantuan yang diberikan guru dapat berupa petunjuk, pengarahan, atau
meminta beberapa siswa mengulangi hal yang sudah ditunjukkan.
5. Fase kelima
Evaluasi
Guru melakukan evaluasi dengan menggunakan
strategi evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
6. Fase keenam
Memberikan penghargaan
Guru mempersiapkan struktur reward yang akan
diberikan kepada siswa. Variasi struktur reward dapat dicapai tanpa tergantung
pada apa yang dilakukan orang lain.
Demikian pembahasan mengenai strategi
pembelajaran kooperatif, semoga dapat membantu dan bisa bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar