Rabu, 19 September 2018

Strategi Pembelajaran Kooperatif




Pengertian
Pembelajaran kooperatif adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa dan kelompok tersebut bersifat heterogen serta saling bantu-membantu antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dalam mempelajari materi-materi pelajaran yang diberikan agar memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
dalam model pembelajaran kooperatif ada lima unsur yaitu: saling ketergantungan positif, tanggung jawab perseorangan, tatap muka, komunikasi antar anggota, dan evaluasi proses kelompok.

Konsep Dasar Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang secara sadar dan sengaja mengembangkan interaksi yang silih asuh untuk menghindari ketersinggungan dan kesalahpahaman yang dapat menimbulkan permusuhan, sebagai latihan hidup di masyarakat.
Dengan pembelajaran kooperatif diharapkan saling menciptakan interaksi yang asah, asih, asuh sehingga tercipta masyarakat belajar. Siswa tidak hanya terpaku belajar pada guru, tetapi dengan sesama siswa juga.

Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif
1. Fase Pertama
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa.
Guru mengklasifikasi maksud pembelajaran kooperatif. Hal ini penting untuk dilakukan karena siswa harus memahami dengan jelas prosedur dan aturan dalam pembelajaran.
2. Fase kedua
Menyajukan informasi
Guru menyampaikan informasi, dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan.
3. Fase ketiga
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok, guru juga menjelaskan bahwa siswa harus saling bekerja sama didalam kelompok. Penyelesaian tugas kelompok merupakan tujuan kelompok. Pada fase ketiga ini terpenting jangan sampai ada anggota yang hanya menggantungkan tugas kelompok kepada individu lainnya.
4. Fase keempat
Membimbing kelompok
Guru perlu mendampingi tim-tim belajar, pada fase ini bantuan yang diberikan guru dapat berupa petunjuk, pengarahan, atau meminta beberapa siswa mengulangi hal yang sudah ditunjukkan.
5. Fase kelima
Evaluasi
Guru melakukan evaluasi dengan menggunakan strategi evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
6. Fase keenam
Memberikan penghargaan
Guru mempersiapkan struktur reward yang akan diberikan kepada siswa. Variasi struktur reward dapat dicapai tanpa tergantung pada apa yang dilakukan orang lain.

Demikian pembahasan mengenai strategi pembelajaran kooperatif, semoga dapat membantu dan bisa bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar