1. Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team
Achievement Divisions (STAD)
Student Team Achievement Divisions (STAD)
adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Siswa
ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan empat orang yang merupakan campuran
menurut tingkat kinerjanya, jenis kelamin dan suku. Guru menyajikan pelajaran
kemudian siswa bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa seluruh anggota tim
telah menguasai pelajaran tersebut. Akhirnya seluruh siswa dikenai kuis tentang
materi itu dengan catatan, saat kuis mereka tidak boleh saling membantu.
Model Pembelajaran Koperatif tipe STAD
merupakan pendekatan Cooperative Learning yang menekankan pada aktivitas dan
interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam
menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Guru yang
menggunakan STAD mengajukan informasi akademik baru kepada siswa setiap minggu
mengunakan presentasi Verbal atau teks.
2. Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head
Together (NHT)
Numbered Heads Together adalah suatu metode
belajar dimana setiap siswa diberi nomor kemudian dibuat suatu kelompok
kemudian secara acak guru memanggil nomor dari siswa.
Dengan menggunakan model ini, siswa tidak
hanya sekedar paham konsep yang diberikan, tetapi juga memiliki kemampuan untuk
bersosialisasi dengan teman-temannya, belajar mengemukakan pendapat dan
menghargai pendapat teman, rasa kepedulian pada teman satu kelompok agar dapat
menguasai konsep tersebut, siswa dapat saling berbagi ilmu dan informasi,
suasana kelas yang rileks dan menyenangkan serta tidak terdapatnya siswa yang
mendominasi dalam kegiatan pembelajaran karena semua siswa memiliki peluang
yang sama untuk tampil menjawab pertanyaan.
3. Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two
Stray (TSTS)
Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay
Two Stray (TS-TS) dikembangkan oleh
Spencer Kagan. Metode ini bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk
semua tingkatan usia peserta didik. Metode pembelajaran kooperatif tipe Two
Stay Two Stray merupakan sistem pembelajaran kelompok dengan tujuan agar siswa
dapat saling bekerjasama, bertanggung jawab, saling membantu memecahkan masalah
dan saling mendorong untuk berprestasi. Metode ini juga melatih siswa untuk bersosialisasi
dengan baik.
Demikian
pembahasan mengenai tipe pembelajaran kooperatif semoga dapat membantu dan bisa
bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar